7 Cara Alami Mengatasi Kulit Wajah Kering

Cara alami mengatasi kulit wajah yang kering – Memiliki kulit wajah kering tentunya sangat tidak nyaman sekali. Untuk itu kulit wajah kering wajib untuk segera di atasi agar tidak mengganggu penampilan. Sebelum kita membahas cara mengatasi kulit wajah kering, kita kenali dulu apasih penyebab kulit wajah menjadi kering. Kulit kering pada wajah biasanya terjadi pada kelenjar minyak yang ada di wajah. Hal ini bisa terjadi karena adanya faktor genetik, cuaca, usia maupun penyebab lainnya. Sehingga produksi minyak tidak maksimal dan akibatnya kulit menjadi kering.

Kulit wajah yang kering biasanya menunjukan gelaja-gejala kulit bersisik dan menyerpih. Kulit wajah yang kering tidak bisa memancarkan kesegaran dan terasa kaku. Padahal kesegaran wajah sangatlah dibutuhkan untuk menambah nilai penampilan agar lebih sempurna dan percaya diri.

Kulit wajah jering selain disebabkan oleh faktor yang telah kami sebutkan tadi. Kulit wajah kering juga dapat disebabkan karena perawatan yang tidak benar seperti penggunaan sabun antiseptik yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah atau karena menggunaan produk make up yang salah. Untuk mengatasi hal yang demikian, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang kering. Berikut cara alami mengatasi kulit wajah kering.

  1. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda
    Kulit kering juga di sebabkan oleh kesalahan anda dalam memilih produk kecantikan salah satunya pelembab kulit.’ Oleh sebab itu, anda harus berhati-hati dalam memilih pelembab untuk kulit anda. Pastikan anda memilih pelembab yang berbahan dasar alami, jika anda bingung, anda bisa konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Dengan konsultasi ke dokter spesialis, akan akan tahu jenis kulit anda dan pelembab apa yang cocok untuk kulit anda. Kesalahan dalam memilih pelembab untuk kulit kering bisa beresiko tinggi yang dapat menyebabkan kulit menjadi mudah iritasi dan tingkat sensitifitas tinggi.
  2. Menggunakan minyak zaitun
    Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kecantikan, selain dapat digunakan sebagai cara untuk mengencangkan kulit secara aman, minyak zaitun juga’ berfungsi dalam mengatasi kulit kering. Minyak zaitun dapat menjaga kelembaban kulit. Minyak zaitun juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Cara penggunaannya yaitu anda campurkan minyak zaitun secukupnya dengan 1 butir kuning telur dan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Anda campur ketiga bahan tersebut hingga tercampur rata, baru anda oleskan pada kulit wajah anda, diamkan beberapa menit hingga kering, baru anda basuh dengan air dingin hingga bersih.
  3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
    Kulit wajah yang kering juga disebabkan oleh kurangnya vitamin untuk kulit. Untuk mengatasi hal ini, kita diharuskan memperbanyak mengkonsumi buah dan sayuran. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kulit. Buah dan sayuran juga mampu menjaga kelembaban kulit kita. Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang membantu dalam meregenerasi sel kulit. Wajib bagi anda yang memiliki kulit kering untuk memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.
  4. Perbanyak minum air putih.
    Kulit kering juga dikarenakan dehidreasi atau kekurangan cairan. Untuk hal ini banyak dokter yang menyarankan untuk memperbanyak minum air putih, minimal 8 gelas dalam sehari. Hal ini bisa disimpulkan jika manfaat air putih sungguh luar biasa. Air putih juga mampu membantu dalam membersihkan racun yang ada dalam tubuh. Orang yang cukup minum air setiap harinya, hari-harinya akan terihat segar, sehat dan kulitnya akan berseri-seri.
  5. Hindari mandi dengan air panas
    Mandi dengan air panas memang sangat nikmat, apalagi dilakukan ketika cuaca dingin.’ Namun air panas atau air hangat akan membuat kulit kita menjadi kering terutama pada kulit bagian wajah. Kelembapan kulit terutama kulit wajah harus kita jaga, oleh sebab itu kita jangan terlalu sering mandi dengan air panas atau air hangat.
  6. Gel lidah buaya
    Banyak yang bilang gel lidah buaya merupakan cara alami terbaik untuk mengatasi kulit kering. Caranya sangat mudah sekali, yaitu iris kecil-kecil lidah buaya kemudian oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian wajah anda yang terasa kering. Diamkan beberapa menit hingga meresap dan kering, baru anda basuh dengan’ air hingga berih.
  7. Masker pisang, alpukat dan Yougurt
    Untuk mengatasi kulit kering anda juga bisa menggunakan masker campuran dari ketiga bahan tersebut yaitu pisang, alpukat dan yougurt. Caranya yaitu ambil 10 sendok yougurt yang sudah anda campurkan dengan beberapa tetes air lemon dengan setengah buah pisang dan alpukat yang sudah anda haluskan. Campurnya semunya hingga rata, baru anda gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15 menit baru anda basuh dengan air hingga bersih.

Demikianlah cara alami mengatasi kulit kering pada wajah. Selain ketuju cara tersebut, anda juga disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dengan cara rajin olah raga. Olah raga juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan komentar